Jumat, 12 Juni 2015

Proses Pencucian dan Cara Laundry yang Benar

Ketika melakukan laundry baik dalam bisnis laundry maupun binatu yang ada di hotel harus dilakukan dengan teliti karena akan mempengaruhi reputasi. Tahap awal ketika melakukan proses pakaian yaitu pemeriksaan pencucian pakaian tamu dan pemberian tanda atau penyortiran pada pakaian yang kotor dan terdapat noda. Setelah tahap tersebut, dilakukan tahap pencucian sebagai bagian terpenting dalam melakukan cara laundry.



Tahap-tahap yang dilakukan dalam teknik laundry yaitu:

·         Laundry yang dibagi menjadi 2 tahap yaitu pre-washing untuk melunakkan kotoran pada pakaian dengan tangan atau mesin dan washing adalah pencucian dengan menggunakan mesin.
·         Tahap pengeringan atau drying adalah proses pengeringan pakaian dengan menggunakan mesin drying tumbler atau jika tidak ada mesin pada bisnis laundry kecil dapat menjemur di bawah sinar matahari. Pada proses ini jika menggunakan mesin, pakaian dikelompokkan sesuai bahan dan tingkat ketebalan kain.
·         Tahap penyelesaian yaitu penyetrikaan setelah pakaian kering.

Ketika ketiga tahap di atas telah dilakukan, tahap terakhir dalam cara laundry adalah dengan tahap pengepakan dan pencatatan. Pakaian yang telah disetrika dan dilipat dengan rapi, akan dikemas atau dibungkus atau digantung dengan menggunakan hanger sesuai pada permintaan tamu hotel. Pada pengemasan pakaian dalam bisnis laundry dengan rapi agar ketika diambil, pakaian sudah siap. Dalam perhotelan, pakaian yang telah dicatat tersebut (jenis cucian, proses pencucian, harga, nomor kamar) akan diberi tanda dan siap untuk diantarkan ke kamar pemilik pakaian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar